Kamis, 27 September 2012

Kimia : Sekilas Pandang

Diterjemahkan dari buku berjudul "Chemistry : 10th Edition" oleh Raymond Chang.
Diterjemahkan oleh The L.A.S.T Translation Agency.


Kimia adalah studi tentang materi dan perubahan yang dialaminya. Kimia sering kali disebut sebagai ilmu pengetahuan pusat, karena dasar pengetahuan kimia adalah hal yang diperlukan untuk pelajar biologi, fisika, geologi, ekologi, dan mata pelajaran lainnya. Sesungguhnya, Kimia adalah pusat cara hidup kita; tanpa nya, kita akan menjalani hidup yang lebih pendek dalam kehidupan primitive, tanpa kendaraan, listrik, komputer, CD, dan benda-benda yang bermanfaat lainnya.
Meskipun kimia adalah ilmu pengetahuan kuno, pondasi moderennya telah ditetapkan pada abad ke-sembilan belas, saat intelektual dan kemajuan teknologi memungkinkan ilmuwan untuk merombak subtansi menjadi komponen yang lebih kecil, dan akibatnya kepada menjelaskan sifat-sifat fisika dan kimianya. Perkembangan yang bertubi-tubi dari peningkatan teknologi canggih sepanjang abad ke-dua puluh telah memberikan kita sarana-sarana untuk mempelajari hal-hal yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Menggunakan komputer dan mikroskop khusus misalnya, kimiawan sanggup menganalisis struktur atom dan molekul—unit-unit pokok yang dimana menjadi dasar ilmu kimia—dan mendesain baru substansi dengan sifat spesifik, seperti obat-obatan dan benda-benda konsumsi ramah lingkungan.
Saat kita memasuki abad ke-dua puluh satu, sudah sepatutnya untuk menanyakan bagian apa yang akan dimiliki oleh ilmu pengtahuan pusat pada abad ini. Hampir pasti, kimia akan berlanjut memainkan peranan yang sangat penting dalam semua area ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebelum terjun ke dalam studi materi dan perubahannya, mari kita memikirkan sesuatu yang sedang di eksplorasi oleh para kimiawan. Apapun alasan Anda untuk mempelajari kimia umum, pemahaman yang baik terhadap subjek akan memungkinkan Anda untuk mengapresiasi dampaknya terhadap masyarakat dan Anda sebagai individu.

PS : Mohon maaf apabila terdapat kekeliruan; Kekeliruan dapat dilaporkan lewat kotak komentar pada post ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar